Thursday, January 11, 2007

 

REVIEW WWH DI SITUS INDOSIAR DOT COM




Dikutip dari sini



Solusi Memantau Perkembangan Anak Melalui Blog
Penulis: Amril Taufiq Gobel
Penerbit: Gradien Books
Jumlah halaman: 199 halaman
Cetakan I, Desember 2006

Kesan pertama saat melihat cover buku ini, adalah segar and lucu. Judul “Warna-warni hidupku” yang ditulis dengan warna huruf berwarna-warni disertai dengan gambar karakter bapak, ibu dan dua orang anak secara tidak langsung memberi tahu pembaca tentang gambaran besar isi buku.

Membaca buku ini tidak seperti membaca buku lainnya, tetapi lebih seperti membaca celotehan seorang anak bernama Rizky. Tidak salah, karena “Warna-warni hidupku” diangkat dari blog www.muhrizkyauliagobel.blogspot.com, blog putra sang penulis buku ini, Amril Taufiq Gobel. Blog yang ditulisnya dari kacamata Rizky, anaknya. Menarik, karena menulis dari pandangan diri sendiri saja sudah sulit apalagi menulis dari pandangan seorang anak kecil.

Di awal cerita, pembaca diperkenalkan dengan ‘aku” dalam buku ini. Bagaimana proses ia dilahirkan oleh bundanya di rumah sakit, setelah penantian orangtuanya selama tiga tahun, terasa mengharukan. Cerita yang menyentuh masih berlanjut saat Rizky dan keluarga pindah rumah. Perasaan bersemangat dan gembira sangat terasa lewat “Horee…ayah beli rumah”. Sekali lagi, rasa haru menyeruak saat membaca cerita di “Cikarang with love”, dimana ayahnya Rizky membisikkan: Kita akan mulai membangun cerita yang intens dari sini, Rizky.


Tapi jangan kuatir, buku ini tidak berisi tentang cerita yang sedih-sedih saja kok. Bersiaplah, karena di “Ayahku juara karaoke” pembaca akan secara spontan terbahak-bahak membaca kelakuan konyol si ayah. Apalagi saat dikisahkan sang ayah kehilangan handphonenya di angkot sampai ia meriang, itu lucu sekali. Dan mampu membuat pembacanya kembali terpingkal-pingkal.
Jangan salah, di buku ini juga terdapat informasi yang berguna buat para mama maupun calon mama. Lewat bahasanya yang polos, Rizky bercerita bagaimana cara ia dulu disapih. Seperti yang diceritakan melalui “Asi?..no way!”, pembaca akan mendapat tips and tricks bagaimana menyapih anaknya.

Seperti keluarga lainnya yang mengalami kesulitan mendapat pembantu rumah tangga yang berkualitas, keluarga Rizkypun sama juga. Dalam “mbak Ami minggat, mbak Ida merapat” diceritakan berbagai macam tipe PRT yang keluar masuk di keluarga Amril Gobel. Lucu dan menyegarkan cara penulis menceritakan tentang PRT di keluarganya.

Selain tips tentang penyapihan, di buku ini penulis juga bercerita bagaimana cara memberi pengertian kepada anak yang baru saja memiliki adik. Lewat “Cemburu boleh, tapi..” pembaca akan belajar bagaimana membagi kasih saying antara anak pertama dan anak kedua. Tidak salah lagi, buku ini sangat direkomendasikan untuk semua kalangan. Tidaklah berlebihan kalau mengatakan buku ini adalah buku panduan orangtua yang ingin mengerti tentang apa yang dirasakan oleh anak mereka.

Resensor :
Nahria Medina Marzuki (http://yayajanuary.blogspot.com)
Salah satu penulis buku Flash!Flash!Flash! (Blogfam dan Penerbit Gradien)

Terimakasih untuk Nahria "Yaya"Medina Marzuki atas reviewnya

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?